Wednesday, May 27, 2015

FISH FINDER

Fishfinder ialah perangkat elektronik yang bekerja dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik dan menangkap kembali pantulannya. Perangkat fish finder yang digunakan untuk memancarkan gelombang dan menangkap gelombang kembali disebut dengan nama tranduser.
Proses gelombang pantulan yang berulang-ulang itu ditangkap tranduser kemudian diterjemahkan dalam monitor dalam bentuk titik-titik sehingga menimbulkan gambar topografi dasar perairan

Fish finder jaman dahulu bukanlah sebuah alat untuk mencari lokasi keberadaan ikan seperti sekarang ini, dan bahkan alat ini sama sekali bertujuan bukan untuk bidang perikanan. Fish finder jaman dahulu adalah alat perang untuk mencari musuh yang berupa kapal perang yang berada di dalam laut. Kegunaan alat ini memang sebagai alat pengintai dari musuh yang berada di dalam air. Dan kemampuan fish finder jaman dahulu hanya mampu mendeteksi benda – benda dalam laut hanya sampai kedalaman beberapa puluh meter saja.

Setelah berakhirnya perang yang berkecamuk di dunia barat, teknologi persenjataan dan alat – alat canggih digunakan dalam bidang komersil, termasuk fish finder ini. Beberapa pabrik mengembangkan teknologi pengintaian bawah laut untuk mendapatkan informasi tentang aneka benda baik hidup maupun benda mati yang berada di dalam laut untuk komersil.

Teknologi fish finder semakin hari semakin diperbarui . penggunaan suara yang dipantulkan untuk menampilkan citra di dasar laut dikembangkan sekaligus sehingga bisa mencapai dasar samudra yang kedalamannya bisa sampai ratusan meter untuk mencari lokasi berkumpulnya ikan.

Fish finder jaman sekarang sudah banyak dipakai oleh para nelayan sebagai sarana untuk menangkap ikan. Dengan kemampuan fish finder jaman sekarang, yang mampu mendeteksi benda – benda di laut sampai kedalaman 2000 m, alat ini bisa menjadi kebutuhan bagi para nelayan super dalam menangkap ikan. Semakin canggih sebuah fish finder semakin luas jarak jangkauannya dan semakin dalam jangkauan dari pemantauannya.

Jika fish finder pada awal pembuatannya hanya mampu menampilkan warna hitam dan putih dan printernya juga demikian, sekarang fish finder bisa memunculkan gambar secara warna, sehingga keakuratan sebuah pencarian menjadi lebih baik. Dengan fish finder modern anda akan bisa membedakan manakah sebuah obyek benda hidup ataukah itu adalah sebuah sampah di laut.






SUMBER :

http://teknologisurvey.com/index.php?route=information/news&news_id=12

No comments:

Post a Comment

Sambal Tuna Dalam Botol

Sambal adalah olahan turunan dari bahan baku cabe yang dicampur dengan bahan lain dan ikan juga bisa de...