Wednesday, May 27, 2015

Abon Ikan Tongkol


Abon tentunya selalu identik dengan daging , seperti yang sudah sangat terkenal misalnya abon sapi dan abon ayam . kedua abon ini memang lebih sering banyak dikonsumsi oleh masyarakat . karena mungkin memiliki harga yang lumayan terjangkau dan rasanya yang enak . padahal abon sendiri dapat dibuat dari macam-macam bahan lainnya seperti ikan.

Untuk sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan abon ikan , namun banyak juga masyarakat yang lebih cenderung memilih abon ayam atau sapi sebagai pilihannya . padahal jika dirasa-rasa abon ikan itu sama-sama enak dan gurih dibandingkan dengan abon ayam dan abon sapi. apalagi menggunakan bahan dasar ikan yang memiliki banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan baik sekali jika dinikmati oleh anak-anak saat masa pertumbuhan.

Pada dasarnya semua ikan dapat diolah menjadi abon yang enak dan gurih . seperti ikan cakalang , tengiri , bandeng , tuna atau tongkol dan lain sebagainya . nah pada resep abon ikan ini kami sengaja memilih ikan tongkol sebagai bahan utamanya . karena ikan tongkol lebih memiliki harga yang ekonomis dan sangat mudah didapat dibanding ikan yang lain . tak disangka setelah di olah ternyata ikan tongkol itu sangat enak sekali jika sudah menjadi abon ikan.

Seperti yang kami katakan diatas bahwa menggunakan bahan utama ikan sehingga abon ikan tongkol ini akan baik sekali jik dikonsumsi oleh anak kecil atau balita . jadi untuk anda yang ingin balita anda tumbuh dengan sehat tak ada salahnya jika anda mencoba memberikan abon ikan tongkol sebagai menu selingan sehari-hari . nah agar lebih sehat dan terjangkau akan lebih baik jika anda mencoba meracik abon ikan tongkol sendiri dirumah . tak apa jika anda tidak tahu bahan-bahan dan cara membuat abon ikan tongkol ini .
Karena kali ini kami akan membagikan bahan-bahan yang digunakan beserta dengan cara membuatnya yang akan memudahkan anda dalam membuat abon ikan sendiri dirumah . jadi tunggu apa lagi , bergegaslah siapkan bahan-bahan dan alat yang digunakan dalam membuat abon ikan tongkol ini . jika semua sudah siap, silahkan anda ikuti cara membuat abon ikan tongkol nya seperti dibawah ini



Bahan Abon Ikan Tongkol :

  • Ikan tongkol 1000 gram ( diambil daging ikannya saja )
  • Santan 300 mililiter ( yang dibuat dari 1 butir kelapa )
  • Gula merah 1 sendok makan ( yang sudah disisir )
  • Air asam 1 sendok makan ( dibuat dari 1 sendok teh asam jawa yang dilarutkan dengan 1,5 sendok makan air putih )
  • Mentega atau margarin secukupnya ( digunakan untuk menumis )

Bumbu Halus Abon Ikan Tongkol :

  • Bawang putih 6 siung
  • Bawang merah 10 siung
  • Ketumbar 1/2 sendok makan
  • Kemiri 4 butir ( disangrai )



Bumbu Pelengkap Abon Ikan Tongkol  :

  • Garam , gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya .
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 ruas ibu jari ( dimemarkan )
  • Serai 2 batang ( digunakan bagian putihnya saja , kemudian dimemarkan )
  • Daun jeruk 5 lembar ( buang tulang daunnya )
  • Bawang merah goreng 5 sendok makan

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol :

  1. Pertama balur daging ikan tongkol dengan garam , lalu kukus hingga matang ( kurang lebih selama 25 menit ) angkat , lalu suwir-suwir .
  2. Setelah itu panaskan mentega atau margarin , tumis bumbu halus hingga wangi dan matang . lalu tambahkan daun salam , daun jeruk , lengkuas , serai lalu tumis kembali hingga wangi sedap .
  3. Selanjutnya tuangkan santan , lalu masak sambil diaduk-aduk hingga mandidih . lalu tambahkan garam , gula pasir , lada bubuk dan gula merah . masak sambil terus diaduk hingga mengental dan santan meletup-letup .
    Kemudian masukkan daging ikan tongkol yang tadi sudah disuwir-suwir , aduk hingga tercampur rata .
  4. Tuangkan air asam , lalu masak sambil diaduk-aduk hingga mengering dan tekstur daging sudag sama dengan abon . angkat .
  5. Pindahkan abon ikan ke dalam wadah saji atau wadah penyimpanan , lalu taburi dengan bawang merah goreng . aduk hingga rata .
  6. Resep Abon Ikan Tongkol Enak Gurih siap untuk dihidangkan .

Dalam membuat abon ikan tongkol ini ada beberapa tips didalamnya agar mengdapatkan hasil yang maksimal , diantaranya adalah .

Tips Resep Abon Ikan Tongkol Enak Gurih :

  1. Pertama setelah dicuci bersih , balur daging ikan tongkol dengan air jeruk nipis atau lemon . bila anda menggunakan jenis ikan lain seperti cakalang , tengiri , bandeng atau tuna , anda juga disarankan balur ikan dengan air jeruk nipis atau lemon yang bertujuan agar mengurangi bau amis yang terdapat pada ikan .
  2. Lalu yang kedua adalah lantaran masakan ini dimasak bertujuan untuk balita atau anak kecil , kami sengaja tidak memberi cabai dalam resep ini . namun jika dibuat bukan untuk balita , anda dapat menambahkan cabai sesuai selera pada daftar bumbu halus untuk mendapatkan rasa pedas yang enak .

Selesai , itulah bahan-bahan , cara membuat dan tips dalam membuat abon ikan tongkol nya, cukup mudah bukan ? semoga dengan adanya resep abon ikan tongkol ini akan memudahkan anda dalam membuat abon ikan sendiri dirumah yah. selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Abon Ikan Tongkol Enak Gurih .


No comments:

Post a Comment

Sambal Tuna Dalam Botol

Sambal adalah olahan turunan dari bahan baku cabe yang dicampur dengan bahan lain dan ikan juga bisa de...